Tugas Artikel & BMC

Business Model Canvas

1. Customer Segments
Dalam menjalankan bisnis, harus dibuat target pasar/orang yang ingin dituju dan dilayani. Customer Segments ini bisa lebih dari 1 point.
Beberapa ragam Customer Segments:
  1. Pasar Terbuka
  2. Ceruk Pasar
  3. Pasar Tersegmentasi
  4. Diversifikasi Pasar
  5. Multi Pasar
Contoh :
Pada perusahaan Richeese Factory, Customer Segments nya adalah:
            a. Penyuka pedas
            b. Penyuka makanan cepat saji
            c. Penyuka saus keju

2. Value Propositions
Value Propositions merupakan manfaat, keunggulan dan kelebihan yang diberikan oleh bisnis terhadap pelanggan. Value Propositions juga merupakan pembeda bisnis kita. terhadap bisnis orang lain.
Beberapa ragam Value Propositions:
a.   Newness (Kebaruan)
  1. Performance (Kinerja)
  2. Customization
  3. Getting the job done
  4. Price
  5. Design
  6. Cost Reduction
  7. Risk Reduction
  8. Accesibility
  9. Conveniece
  10. Brand
Contoh :
Pada perusahaan Richeese Factory, Value Propositions nya adalah:
a.       Memiliki level pedas
b.      Memiliki saus keju
c.       Penyajiannya cepat

3. Channels
            a. Awareness    : Berfungsi untuk mengenalkan produk kepada konsumen
            b. Evaluations : Berfungsi untuk konsumen mengenal dan menilai produk
            c. Purchase       : Sebagai proses transaksi
            d. Delivery        : Cara menyampaikan produk kepada pelanggan
            e. After Sales    : Pelayanan untuk pelanggan menyampaikan hasil dari produk
Contoh :
Pada perusahaan Richeese Factory, Channels nya adalah:
a.       Awareness   : Sosial media, Iklan di TV
b.      Evaluations  : Web dan nomor telepon
            c.   Purchase        : Perbankan dan cash
            d.   Delivery         : Ditempat makan langsung dan delivery order
            e.   After Sales   : Form keluhan dan saran di web

3. Customer Relationship
Cara / layanan yang digunakan untuk membuat konsumen loyal serta menjalin hubungan yang baik dengan konsumen.
Contoh:
Pada Richeese Factory, Customer Relationship nya adalah:
a. Harga Promo
b. Paket Hemat

4. Key Resources
Sumber daya yang digunakan organisasi untuk menciptakan value propositions, menjangkau pasar, menjaga hubungan baik dengan customer segments dan menghasilkanuang.
Beberapa ragam Key Resources adalah:
  1. Fisik
  2. Intelektual
  3. Manusia
  4. Keuangan
Contoh:
Pada Richeese Factory, Key Resources nya adalah:
  1. Ayam
  2. Saus Keju
  3. Karyawan

5. Key Activities
aktivitas-aktivitas kunci yang menjadi penentu keberhasilan dan keberlangsungan hidup perusahaan. Aktivitas-aktivitas ini merupakan kunci dalam memberikan value proposition kepada pelanggan, memasuki pasar, menjaga hubungan dengan pelanggan dan mendapatkan pendapatan.

6. Cost Structure
Biaya-biaya yang dikeluarkan dalam menjalankan model bisnis tertentu.  Pada waktu kita mengembangkan produk, memasarkan produk, menjaga hubungan dengan pelanggan maupun layanan purna jual tentu membutuhkan biaya. Biaya-biaya dapat dihitung dengan mudah pada saat kita belajar mengenai Key Resources, Key Activities dan Key Parnerships.

7. Revenue Stream

Aliran pendapatan yang masuk ke perusahaan kita. Kita telah membahas bahwa pelanggan adalah bagian penting perusahaan, dari pelanggan-pelanggan inilah akan ada aliran pendapatan yang dibayarkan pelanggan kepada perusahaan kita. Dalam menjalankan bisnis dalam perusahaan kita tentu harus mempertimbangkan biaya, dengan demikian kita memahami aliran pendapatan atau revenue stream ini adalah pemasukan yang sudah dikurangi dengan biaya yang dikeluarkan.


Komentar